Hati-Hati! Kebiasaan Ini Menyebabkan Kanker Mata


Sobat Arebul Blogger mungkin sulit untuk menghentikan kebiasaan melihat ponsel sebelum tidur. Namun tahukah kamu, kebiasaan melihat ponsel di malam hari menjelang tidur ini memiliki dampak buruk bagi kesehatan mata kamu.

Perangkat ponsel kini semakin canggih, sehingga hampir sebagian aktifitas dapat dilakukan dengan menggunakan ponsel. Sejalan dengan itu, tren sosial media juga semakin marak dikalangan pengguna ponsel. Alhasil, orang pun semakin tak bisa lepas dari ponselnya, bahkan saat menjelang tidur.

Namun perlu sobat Arebul Blogger ketahui, kebiasaan melihat ponsel di malam hari menjelang tidur sangat tidak dianjurkan, karena berdampak buruk bagi kesehatan kamu. Nah, apa yang terjadi saat melihat ponsel menjelang tidur, dan apa dampaknya?

Setiap layar ponsel selalu memancarkan cahaya biru terang seperti yang kita jumpai pada sinar matahari di siang hari. Oleh sebab itu, saat kamu melihat ponsel di malam hari, otak akan bingung dengan cahaya itu, karena mirip seperti sinar di siang hari.

Hal ini menyebabkan otak akan berhenti memproduksi melatonin, yakni hormon yang memberikan perintah pada tubuh kamu untuk tidur (beristirahat). Karena itu, cahaya layar ponsel dapat mengganggu siklus tidur kamu.

Orang yang sering memeriksa ponsel mereka menjelang waktu tidur akhirnya baru bisa benar-benar tertidur 1 jam lebih lambat. Karena itu, cahaya di layar ponsel dapat mengganggu siklus tidur kamu.


Seorang pria 40 tahun yang dirahasiakan identitasnya, mengidap kanker mata lantaran biasa bermain HP sebelum tidur.

Mulanya, pria malang itu merasa ketajaman matanya saat melihat sesuatu semakin berkurang. Pria tersebut juga merasa ada yang tidak beres dengan matanya, karena indra penglihatannya itu terlihat sangat merah.

Setelah memeriksakan diri ke dokter, ternyata ia terkena kanker mata. Dokter menjelaskan, kondisi tersebut dipicu oleh kebiasaan si pria, yang selalu bermain handphone dalam keadaan gelap selama 30 menit sebelum tidur.

Dokter menjelaskan, memandang layar gadget sebelum tidur dalam kondisi sekitar gelap, bisa membuat mata kering. Cahaya gadget sendiri mengandung konten radiasi yang berbahaya untuk kesehatan mata.

Bila sudah kronis, retina mata akan rusak dan memunculkan peluang besar untuk perkembangbiakan sel kanker. Jadi, hati-hati, ya. Gunakan gadget dengan bijak.

Nah itulah informasi tentang kebiasaan yang menyebabkan kanker mata, sekarang kalian sudah tahu kan? jika Sobat Arebul Blogger mempunyai kebiasaan ini silahkan hentikan kebiasaan ini mulai dari sekarang demi kesehatan mata kalian sob.

Kalian boleh membagikan artikel ini kepada teman-teman kalian dengan cara klik tombol "share" di bawah sob, supaya teman-teman kalian juga tahu tentang info kesehatan ini. Terima kasih sudah membaca.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar